Monday, June 16, 2014

Strawberry Cheesecake in Jar

Dari dulu mo buat cheesecake tapi ga jadi-jadi karena bahannya mahal-mahal. Hehehe.. Kebetulan minggu lalu, jjs ke carefour yang baru buka deket kantor, liat ada creamcheese merk Yummy kemasan 250gr, lagi diskon dari 34rb jadi 29rb. So, dibawalah si creamcheese ke kasir dan bertekad nyobain resep blueberry cheesecake ncc :) . Pas buat si cheesecake ini ada beberapa kendala nih, pertama aku pengen pake blueberry kalengan, tapi cari-cari di toko bahan kue dan supermarket ga ketemu, jadi akhirnya ganti pake selai stroberi aja plus buah stroberi segar. Kedua aku juga ga punya loyang bongkar pasang buat bikin cheesecake nya, akhirnya cari-cari ide pake loyang yang ada aja trus pas selesai dipanggang aku masukin jar yang aku suka liat di pinterest.

Ini resep blueberry cheesecake NCC yang sudah aku modif dengan tips dari cakefever.

Crust:
250gr biskuit coklat pekat (aku pake biskuit regal)
100 gr margarine, lelehkan
Cheesecake:
200gr gula pasir
4 btr telur
1 kg creamcheese
250 gr sour cream (aku pake yogurt plain yang kental)
Topping:
250ml whipped cream (ga pake)
1 sdm gula halus (optional)
250 gr selai blueberry (aku pake selai strawberry dan buah strawberry segar)

Cara membuat:
  1. Siapkan loyang bongkar pasang diameter 24 cm, olesi mentega. Sisihkan. Bungkus bagian dasar luar loyang  dengan aluminum foil.
  2. Hancurkan biskuit hingga halus, lalu tuangi margarine leleh, aduk rata.
  3. Masukkan adonan biskuit pada loyang, ratakan dan tekan perlahan hingga padat, bekukan dalam freezer selama 10 menit.
  4. Kocok gula dan telur dengan mixer kecepatan tinggi hingga kental, masukkan cheese krim dan sour krim bergantian sambil dikocok terus.(klo aku creamcheese dan yogurt plainnya aku kocok terpisah baru dituang ke kocokan telur).
  5. Tuangkan adonan ini kedalam loyang yg sudah beralas biskuit, lalu panggang dengan cara au bain marie selama 90 menit.
  6. Angkat, dinginkan di suhu kamar hingga dingin betul, teruskan dinginkan dalam kulkas selama minimal 3 jam.(klo aku begitu dingin aku masukan ke dalam jar yang sudah dialasi crust kemudian taruh selai, dan potongan strawberry trus masukin ke kulkas).
  7. Sementara itu kocok krim kental dan gula halus hingga kental, sisihkan.
  8. Ratakan selai blue berry diatas cheesecake, hias dengan buah-buahan kaleng dan whipped krim pada sisi-sisinya, sajikan.
 Ternyata buat resep ini gampang dan ga ribet.. hoho,, bakal sering buat nih klo bahannya ga mahal. :p

No comments:

Post a Comment