Thursday, March 27, 2014

Pie Susu

Gara-gara nyobain oleh-oleh pie susu dari Bali yang lagi booming itu, jadi kepengen nyoba buat sendiri.
Browsing liat resepnya teh Ricke dan nekat aja bikin setengah resep ini. Hasilnya not bad lah, walopun bentuknya ga rapi dan ada beberapa yang gosong. Bikin langsung ludes

Egg Tart (Pie Susu)

 

by Ricke Indriani

Bahan kulit/crust:
300 gram margarin/butter
2 sdm gula halus (munjung)
3 kuning telur
500 gram tepung terigu protein sedang/all purpose flour

Cara membuat:
Campur semua bahan menjadi satu menggunakan pisau pastry atau sendok kayu hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Padatkan dan bulatkan hingga mudah dipulung. Cetak dalam cetakan pie yang sudah dioles tipis dengan margarin/minyak oles loyang. Sisihkan.

Bahan filling:
300 ml susu kental manis (kurang lebih 1 kaleng)
400 ml air
8 kuning telur, kocok lepas
30 gram tepung custard
1-2 sdt vanilla susu

Cara membuat:
Campur susu kental manis dan air, aduk rata. Masukkan kuning telur. Aduk rata. Masukkan tepung custard dan vanilla. Aduk rata. Saring.
Tuang filling ke dalam adonan kulit pie yang sudah dicetak sampai penuh. Panggang dalam oven suhu 160'C selama 45 menit hingga filling set dan menguning.
Angkat dan keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 10 menit hingga hangat, baru keluarkan dari cetakan. Dinginkan. Simpan di lemari es/kulkas agar lebih nikmat.


Pie susu pake resep ini enak banget tapi menurutku kulitnya terlalu rapuh. Terus dapet resep kulit pie dari Tabloid Saji dan setelah dicoba menurutku lebih pas.

Resep Pie 

by Tabloid Saji

Bahan:
75 gr margarin
35 gr gula halus
1/4 sdt garam
125 gr tepung terigu
1 kuning telur
1 sdm air es
Cara:
Campur semua bahan kemudian aduk rata. Diamkan di kulkas selama 30 menit.
Oles cetakan dengan minyak kemudian cetak pie.
Pakai bahan ini jadi sekitar 18 pie ukuran sedang.

Oia, pas ngebuat ini aku nyoba supaya lebih rapi hasilnya, bahan pie aku gilas diatas plastic wrap terus aku potong bulet. Setelah itu baru dicetak dicetakan pie dan rapikan pinggiran. Lumayan lebih rapi dari percobaan pertama dimana adonan pie nya langsung aku teken-teken didalem cetakan.

Ini hasil percobaan kedua


No comments:

Post a Comment