Sunday, January 18, 2015

Sus Kering Keju

Pas browsing resep kue kering, ketemu resep sus kering keju di blognya mba Diah Didi. Dah kebayang enaknya nih kue, jadi pengen nyoba buat sendiri. Tapi sempet ragu-ragu, takut gagal. Akhirnya nekat buat 1/2 resep aja. Ternyata tidak sesusah yang dibayangin, kuenya berhasil ngembang dan renyah.. Hore.... :)
Tapi yang bikin males adalah pas manggangnya, ya ampuuuun lamaaaaaaa bgt nungguin kering. Aku pake oven listrik jadi masukin nya satu loyang satu loyang. Terakhir manggang gosong karena dah ngantuk. Klo lain kali bikin mungkin dipanggang sampai ngembang dulu semua adonannya trus baru lah dipanggang sampe kering jadiin satu aja ditumpuk-tumpuk. Hehehe

Sus Kering Keju
by. Diah Didi

Bahan :
100 gram Margarin
250 ml air
1/4 sendok the garam
125 gram tepung terigu protein sedang
3 butir telur
1 sendok teh baking powder double acting
50 gram keju parut ( boleh lebih jika suka )
Cara Membuat :
Rebus air, margarine dan garam sambil diaduk sampai mendidih.Matikan api. tambahkan tepung terigu. Aduk sampai rata, nyalakan api. Masak sambil diaduk sampai kalis. Angkat dan biarkan hangat. Masukkan keju parut, aduk rata.
Masukkan telur satu persatu dan backing powder sambil dikocok rata. Masukkan dalam kantung plastik
segitiga.semprot adonan dengan spuit kerang di loyang yang di oles tipis margarine. Oven 20 menit dengan suhu 200 C, setelah itu turunkan suhunya jadi 150 C ,oven lagi 20 menit.

Tips :
Adonan sebelum di campur telur harus hangat ya..jika masih panas telur bisa matang dan nanti susnya nggak
mau ngembang, kalau terlalu dingin,...susah nyampurnya ke adonan telurnya.
Baking powder double acting.wajib di pake..agar kue sus keringnya bisa renyah. Baking powder double acting ini mempunyai kekuatan double..dalam proses pengembangan dan membuat renyah..karena bekerja juga ketika adonan di oven. Merk yang ada di pasaran misal : Hercules.


No comments:

Post a Comment