Wednesday, April 2, 2014

Cheddar Cheese Cake - Ekonomis

Masih dalam rangka nyobain mixer baru, kemaren nyoba resep cheddar cheese cake ekonomis yang pernah diposting mba Nita W Rizaldi di FB Group NCC, total belanja bahan yang diperlukan under 20rb rupiah lah..

Hasil percobaan kemaren untuk ukuran KW rasanya lumayan enak dan yang pasti lembut. tapi aku buat hasilnya belom oke, ciut setelah keluar dari oven dan kemaren cuma nyoba setengah resep dan kebanyakan naro margarin.hehe,,

Cheddar Cheese Cake
by. Nita W Rizaldi

Bahan:
1. 100 gram keju cheddar (klo mau lebih ngeju pakai 125 gr), parut
2. 120 ml susu cair (bisa pakai susu bubuk yang dicairkan)
3. 40 gr margarine
4. 25 gr terigu
5. 20 gr maizena
6. 3 butir telur (pisahkan putih dan kuningnya)
7. 85 gr gula pasir (klo suka manis pakai 100 gr)

Cara:
1. Siapkan loyang cookies/loyang pendek beri air sampe tinggi setengah loyang, masukan kedalam oven, nyalakan oven dengan api bawah suhu 170 derajat.
2. Siapkan loyang bundar diameter 18/20 cm. Olesi dasar loyang dengan margarin, kertas roti dan oles lagi dengan margarin tipis-tipis. Pinggir loyang tidak perlu dioles.
3. Siapkan panci kecil, masukan keju parut, susu cair, margarin, masak dengan api kecil sambil diaduk terus hingga agak kental. Matikan api diamkan sampai hangat.
4. Campur terigu dan maizena sampe rata, masukan kedalam campuran keju dan susu, aduk sampai benar-benar rata.
5. Masukan kuning telur, aduk sampe rata.
6. dalam wadah terpisah, kocok putih telur dan gula pasir dengan mixer sampai soft peak (tandanya softpeak jika pengocok diangkat adonan tidak jatuh, warna putihnya mengkita dan terlihat lembut), Jangan samapi hard peak karena akan mempengaruhi kelembutan cake.
7. Masukan sebagian kocokan putih telur ke dalam campuran keju & terigu, aduk dengan spatula sampai rata. Masukan adonan ke sisa putih telur tadi, aduk dengan spatula sampai rata.
8. Tuang adonan ke dalam loyang. Hentakan ke meja agak tidak ada gelembung udara. Masukan ke dalam oven  taruh diatas loyang yang berisi air tadi. Oven selama 60-75 menit tergantung karakteristik oven masing-masing. Selalu di cek klo permukaan sudah kuning keemasan, disentuh sudah kering berarti sudah matang.
9. Setelah cake matang buka pintu oven, biarkan sementraa di dalam oven, jangan langsung dikeluarkan untuk menghidari perbedaan suhu yang mencolok yang bisa menyebabkan cake jadi turun.

No comments:

Post a Comment