Sunday, April 27, 2014

Siomay Ayam Udang (Kukus/Goreng)

Kemarin nyobain buat siomay ayam udang. Sebelumnya sih udah pernah buat nyontek resep dari mini bookletnya Tabloid Saji, tapi pas mau buat lagi tabloidnya hilang. So, akhirnya googling resep pake clue "siomay tabloid saji" ketemu yang mirip di sini. Ini resep yang sedikit aku modif dengan tambahan minyak ayam.

Bahan:
Kulit siomay siap pakai 
100 gram paha ayam fillet, cincang halus
100 gram udang kupas, cincang halus
50 gram kulit ayam, cincang halus
2 siung bawang putih dihaluskan
2 batang daun bawang iris halus
3/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt gula pasir
1 sdt minyak wijen (kemarin aku pakai 1 sdm)
1 sdm kecap ikan (aku ga pakai, tp diresepku yang hilang nyamtumin kecap ikan)
1 sdm minyak ayam (dibuat dari 100 gram kulit ayam yang dipanaskan bersama dengan 2 siung bawang putih cincang)
1 butir telur, kocok lepas
25 ml air es
100 gram tepung sagu tani
50 gram bengkuang (aku ga pakai)

Bahan toping siomay:
50 gram wortel, diparut halus

Cara membuat siomay:
1. Campur ayam, udang, kulit ayam, bawang putih, daun bawng, minyak wijen, minyak ayam, kecap ikan, garam, gula, dan merica bubuk. Uleni sampai tercampur rata. (Klo aku setelah dicampur kemudian disimpan di kulkas sekitar sejam)
2. Masukan telur dan air es. Uleni rata. TAmbahkan tepung sagu dan bengkuang.
3. Ambil selembar kulit beri isi dan lipit isinya. Beri parutan wortel dan semprotkan air disekeliling siomay.
4. Letakkan di dalam cucing yang sudah dioles sedikit minyak. Kukus diatas api sedang 20 menit hingga matang.

Kemarin siomay nya setelah dikukus aku goreng, karena kata suami ku enak yang digoreng kaya batagor. Terus makannya dicocol pake saus karena males buat bumbu kacangnya. :)

No comments:

Post a Comment